Thursday, January 3, 2013

Nostalgia. Dalam edisi Trax Hunt 2008.



Saya sempat buka2 blog saya di tahun 2008. Disitu ada sebuah cerita tentang pencapaian saya masuk sebagai salah satu penyiar di Trax FM. Lagi2 ini adalah kompetisi. Dari ratusan anak muda yang mau jadi penyiar disana, saya masuk menjadi 10 besarnya. Itu usaha atau hoki? Yang jelas saya usaha dan gak cuma nunggu hoki ya.

Ini sepenggal ceritanya...



Sebenernya gw agak males ngirim CV ke Trax, serem bo', kayaknya standarnya tinggi bgt, percaya atau tidak, cuma Trax radio yang gw skip saat gw apply CV ke radio-radio swasta beberapa bulan yg lalu. Tapi, hati mulai bergumam, apa salahnya gw kasih CV kesana ya? Lagipula gw kan anak trax, udah dengerin radio itu sejak 8 tahun lamanya, dan gw dah tau banget ni radio bentuknya kayak apa. Waktu gw di Global juga PD gw bilang, gaya siaran gw Trax bgt,haha, sombong, yah begitulah adanya. Akhirnya gw memberanikan diri ngasi CV kreatif yang berbentuk scrap book (asli standar bgt), yang udah gw buat pontang-panting sendirian tanpa bantuan siapapun. Itu pun gw kirim di hari trakhir dan hanya bermodalkan nekat plus percaya diri yang tinggi. 


Menurut cerita diatas, usaha saya masih belum terlihat signifikan memang, tapi paling tidak saya usaha dan berani mengirim CV ke radio idaman. Gak nunggu hoki kan?

Sebulan lamanya, kok tak ada kabar berita? Udah mulai pasrah dan tidak mengharap, huhu..yaudah lah yaaaa.. 
Ehh..tak disangka tak dinyana..tanggal 9 Juli 2008 jam 11 pagi, handphone berdering.. 

Caller : Halo..ini benar rezzy nizawati? Gw : Iya..ini dengan siapa ya?Caller : Saya Adis dari Trax FM, hari senin tanggal 14 Juli bisa datang interview di kantor Trax ga? Jam 2 siang yaaa... 


Fase yang diatas tadi adalah kesempatan yang diberikan sama Tuhan atas usaha yang saya telah lakukan. Hoki? Mmm.. dikasih ‘kesempatan’ lebih tepatnya kali ya.
Selanjutnya…



Saringan pertama interview tanggal 14 Juli 2008. Sehari sebelumnya udah buat kaos "i'm the now generation" dan buat bendera sendiri (unjuk bakat gak jelas,haha). Gw cari bahannya sendiri di mayestik trus gw kasih deh ke tukang jahit, asli niat bgt gw!! Demi mimpi!.

Nah, ini udah keliatan usaha dan niat abis2an saya. Biasanya sih, kalo udah masuk ke tahap-tahap menuju seleksi akhir, saya gak pernah setengah hati. Kenapa? Karena itu sama aja seperti menyia-nyiakan kesempatan yang Tuhan kasih.
Mmm.. masih bilang ini hoki ? xp
Tunggu, ini ada usaha paling edan dan malu-maluin yang pernah saya lakukan…



Saringan kedua atraksi gak tau malu di EX 16 Juli 2008. Untuk pertama kalinya 26 orang yang terpilih dari ratusan orang yang ngirim CV berkumpul di EX. Kita dipermalukan di depan khalayak ramai plaza indonesia EX. Tahapan kedua mulus tak sedikitpun cacat..gw lolos ke tahap berikutnya..20 Trax Hunt akan training di Trax FM. 


Dan usaha pun membuahkan hasil kan?
Eh, ternyata belum selesai sampai sini perjuangannya.



Tes psikotes 18 Juli 2008. HUH! Bikin otak berceceran di lantai. Bener2 menguras otak. Mana gw harus naek ojek dari ratu plaza ke sarinah. Nyampe-nyampe harus ngerjain tes yang gak ada abisnya. Nasip..nasip.. 

Training 21-31 Juli 2008. Training di Trax..widih..mimpi apa gw bisa training di radio idaman..?? Gokil! Serasa mimpi..! Serunya gw punya temen2 baru loh..dari artis sinetron, bintang iklan, anaknya artis, penyanyi, adeknya artis,wah..serasa artis juga gw,hihi. 


Mixing and Demo 30 Juli - 10 Agustus 2008. Bikin demo secara manual di ruang produksi dan latihan mixing di studio siaran. Hectic tapi mengesankan. So far..ceritanya baru sampe sini,soalnya masih ada beberapa penyaringan lagi dan gw masih gak tau akan seperti apa. Gw cuma bisa berusaha dan berdoa, asli ini mimpi gw banget, dan bener-bener mukjizat kalo gw bisa kerja di Trax FM, oooooohhhh..... Semoga kegagalan kemaren bisa menjadi pelajaran buat gw..tapi..gw berharap sih..untuk yang satu ini jangan gagal lagi donnkk...nyesek banget. Amin. 



Jadi, masih ada penyaringan lagi ya. Kapan saya mulai siarannya sih? Usaha apa lagi yang harus saya kerahkan? Tuhan benar2 kasih mukjizat ke saya? Kalo saya usaha sih, kemungkinannya ada. Pasti ada.



Hari jumat tanggal 8 bulan 8 tahun 2008 menjadi saksi dimana mbak vivi (PD trax fm) mempercayakan gw untuk siaran pake materi kata hari sabtu besoknya,huahuahua...lo bisa bayangin gmn senengnya gw bisa on air di radio kesayangan (gilaaa..ye kan??).


See? Dari sekian banyak seleksinya akhirnya saya bisa merasakan siaran beneran di Trax FM.  Udah kelar nih? Hihi, jangan seneng dulu. Kalau sudah berhasil meraih apa yang diinginkan, jangan gampang puas. Nih coba liat cerita selanjutnya…


ah..persiapan harus matang nih, even siarannya di pagi2 buta (jam 5 pagi ajaaah,haha), di hari sabtu pula, ada bangeett yg dengerin, tapi tetep aja lah gw harus maksimal, well prepared! 

Oh, ternyata memang tidak boleh terlalu senang ya. Siaran pertamanya ada di waktu yang sangat tidak manusiawi, yaitu jam 5 pagi. Hihihi. Just enjoy and well prepared! Saya sudah mempersiapkannya kan?
Lalu…

gw seneng banget udah lolos ke tahap selanjutnya,which is masa percobaan selama 3 bulan..


Dan menjadi penyiar radio di radio idaman bukanlah sekedar mimpi lagi.
Orang-orang bisa mengira kalau setiap pencapaian yang  saya raih terjadi semata-mata karena sebuah hoki dan keberuntungan belaka. Padahal…

Tidak semua yang terjadi pada kita adalah suatu hal yang kebetulan. Siapa tahu memang karena kita sudah berusaha dan mempersiapkannya sejak lama.








No comments:

Post a Comment